Minggu, 16 Juni 2013

Mari bernyanyi, anak-anak!

Untuk menarik perhatian anak SD selain cantik dan menarik *abaikan* seorang guru dituntut harus pandai bernyanyi apalagi ketika ditugaskan untuk mengajar kelas bawah (kelas 1,2,3 red) meski di kelas ataspun tak jauh berbeda.. yahh meski sudah tau sendiri kalau kemampuan bernyanyi saya di atas rata-rata harap maklum udah profesional sih x))
Pertama kali masuk kelas saya ajak anak- anak bernyanyi lagu gubahan saya sendiri, bagaimana kira-kira reaksi anak didik saya? gak ada yang tertarik. beneran!
Kemudian saya ancam mereka. Barang siapa tidak ikut bernyanyi bersama-sama, maka wajib bernyanyi sendiri di depan kelas sambil joget. Nah serba salah, gak mau juga kan mereka ambil resiko makanya ikutan saya bernyanyi.
Beginilah lagu gubahan saya. Cekidot!





Lagu untuk awal pelajaran
Ku ambil buku tulisku
Ku siapkan pensilku
Ku dengarkan bapak ibu guru
Agar bertambah ilmuku

Bermain.. Belajar...
Bersama kawan ceria
'Tuk gapai cita-cita
Aku suka dan gembira

Nada: Bermain layang-layang

Lagu untuk materi bangun datar 

Tebak bangunku apa namanya
keempat garis panjangnya sama
kawan-kawanku.. tebaklah namanya
*segi empat

Tebak bangunku apa namanya
ketiga garis panjangnya sama
kawan-kawanku.. tebaklah namanya
*segi tiga

Tebak bangunku apa namanya
grisnya bundar seperti roda
kawan-kawanku.. tebaklah namanya
*lingkaran

Nada: Lihat kebunku

Untuk kelas atas, saya juga sudah ada lagu yang sangat disukai anak-anak pada mapel Pendidikan Kewarganegaraan *kebetulan saya merangkap menjadi guru kelas IV dan V mapel PKn*

Lagu untuk materi sistem pemerintahan pusat

Pada hari Jumat aku belajar Pkn
Belajar tentang sistem pemerintahan pusat
Ada legislatif, eksekutif, yudikatif
MPR, DPR, DPD, Presiden, Wapres
MA, MK, juga Komisi Yudisial

Tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk
tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk
Suara sepatu *Rosyid* (Nama anak nakal di kelas)

Nada: Naik delman

Lagu untuk materi alat musik daerah

Sasando NTT, Kecapi Jabar
Tifa di Maluku, Gamelan Jawa
Talempong Sumbar
Aramba Sumut
Pereret pereret ya dari Bali 2x

Nada: Pelangi-pelangi

Lagu untuk materi kesenian daerah

Mana dimana ketoprak dan wayang
Ketoprak dan wayang ada di Jawa Tengah
Mana dimana ludruk, ngremo, reog
Ludruk, ngremo, reog ada di Jawa Timur
Mana dimana lenong, gambang, kromong
Lenong, gambang, kromong ada di Ibu Kota
Mana dimana Jaipong dan Angklung
Jaipong dan angklung ada di Jawa Barat
Seni daerah.. horeee.. seni daerah.. horeee
Seni daerah mari dilestarikan

Nada: Anak kambing saya

Lagu untuk materi persatuan kelas V

Arti bhinneka tunggal ika
Berbeda-beda tetap satu
Berasal bahasa sansekerta
Terdapat di buku sutasoma

Karangan karangan Mpu Tantular
Pada jamannya Majapahit
Dikenal Patih Gajah Mada
Dengan sumpahnya Sumpah Palapa

Nada: cucak rowo

Cukup itu dulu lagunya :))) CAOOOOO!

3 komentar: