Kamis, 18 Juli 2013

Ayo Belajar Menulis Huruf!

Hari Kamis tanggal 18 Juli adalah KBM hari pertama setelah tiga hari anak- anak kelas satu mengikuti MOS, kebetulan jadwal pelajaran hari itu SBK, matematika, dan bahasa Indonesia. Saya campur jadi satu ketiganya atau istilahnya tematik. Dimulai dari SBK saya minta anak membawa undangan manten dari rumah yang jelas sudah tidak terpakai lagi. Selain undangan manten, anak diminta membawa lem dan gunting dari rumah. Berikut langkah-langkah mendayagunakan barang tak terpakai untuk pembelajaran :


1) Siapkan undangan manten, kertas folio, gunting, dan lem :

contoh undangan manten
2) Kemudian potong undangan manten sesuai kebutuhan :

salah satu undangan manten yang sudah dipotong
3) Masukkan kertas folio ke dalam undangan manten lalu potong kertas folio sesuai ukuran kertas undangan tersebut, berikan lem pada bagian tengahnya folio agar menempel. Kemudian ajak siswa belajar menulis huruf dasar (a,i,u,m,n)  :



4) Antusiasme anak belajar menulis huruf di kertas bekas, undangan manten :



5) Kumpulkan hasil pekerjaan siswa tersebut kemudian masukkan dalam dokumen portofolio, setelah belajar menulis pada kertas undangan manten, minta anak menyalin huruf tersebut ke dalam buku tulisnya masing- masing sehingga hasil menulis huruf bisa lebih bagus dan rapi. Beberapa karya anak :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar