Rabu, 17 Juli 2013

Masa Orientasi Siswa SD

Holaaaaaa! Libur tlah usai! Hari Senin tanggal 15 Juli 2013 adalah hari pertama berangkat sekolah dan hari pertama juga untuk saya menjadi wali kelas satu dalam tahun ajaran 2013/2014 sesuai rapat internal tanggal 24 Juni 2013. Tanggung jawab penuh kepada saya untuk membawa anak-anak kelas 1B menjadi siswa unggulan. Tsaaaaah!
euforia hari pertama masuk sekolah



Sebelum dimulainya tahun ajaran baru, saya sudah menyiapkan berbagai media pembelajaran yang tentunya untuk menarik dan memotivasi siswa dalam belajar. Beberapa diantaranya:


media untuk berhitung
media untuk belajar menulis huruf dari bahan bekas
     
kertas bekas yang digunakan untuk media menulis huruf
Ketika digunakan untuk media belajar menulis huruf, kertas berpola tersebut akan saya bagikan kepada tiap murid, tiap murid mendapat satu pola yang akan dijiplak dalam buku tulisnya sebanyak yang dibutuhkan kemudian di dalam gambar jiplakan tersebut ditulis sebuah huruf . :)))

Selain media, saya juga sudah menyiapkan reward untuk anak yang berprestasi salah satunya adalah berikut ini :
reward
Selama tiga hari anak didik saya akan menjalani Masa Orientasi Siswa, bukannn! bukan digojlok dan semacamnya, hanya pengenalan lingkungan dan teman sekelas serta bapak ibu guru, saja :)
Berikut ini kegiatan siswa selama masa orientasi:
H1 saya mengajak anak-anak keliling sekolah melihat lingkungan sekolah barunya serta bernyanyi di dalam kelas belum ada pelajaran, kemudian perkenalan nama saya serta anak- anak.
*foto menyusul*

H2 diawali dengan bernyanyi, perkenalan anak satu persatu untuk maju di depan kelas, dan anak sudah diminta mengeluarkan buku untuk menulis identitas serta mencatat jadwal piket masing- masing, sayapun sudah bagikan jadwal ke tiap anak serta saya beri tugas membuat "tudhing" dari bambu untuk di kumpul pada hari kamis :)
seorang anak sedang memperkenalkan diri

H3 masih diawali dengan bernyanyi kemudian saya cek buku yang siswa bawa sesuai jadwal, anak diminta menuliskan nama teman satu kelas sebanyak-banyaknya, anak sudah diberi tugas untuk hari kamis dengan membawa: undangan manten dan gunting. Kemudian di jam terakhir diajak mengunjungi ruang perpustakaan.

seorang anak mengajak temannya berkenalan lalu menuliskan nama teman tersebut di buku

suasana anak di dalam perpustakaan
anak diminta menata kembali buku yang telah dibaca
Sekian dulu kegiatan MOS anak kelas satu SD, besok hari pertama mengajar pasti akan ada kegiatan anak kelas IB yang lebih menarik dan segera saya posting! :))) 

4 komentar:

  1. Salam kenal, saya cholim di Bojonegoro.saya tahun ini saya kebagian tugas mengajar kelas 1 ๐Ÿ˜Š duhh awalnya bingung juga karena terbiasa mengajar di kelas tinggi. Tp demi profesionalisme ๐Ÿ˜€ ya harus di jalani semaksimal mungkin. Mohon pencerahannya bagaimana cara menerapkan kantong ajaib penjumlahan anda. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Masak anak kelas satu 3 Hari masa orientasi udah disuruh menulis nama teman nya... Kalau kelas satu sudah bisa nulis atau kenal huruf... Kayaknya Ndak cocok deh tulis nama teman awal awal masa orientasi... Kalau perkenalan dengan teman dan menyebutkan namanya baru cocok tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya krn pengalaman saya seperti Tahun lalu cuman ada 5 sampe 6 orang dari 40 siswa/i yg sudah bisa nulis namax tapi yang lainnya kenal huruf sja belum๐Ÿ˜ฃ
      jadi kalau lisan sih mungkin lebih cocok....
      salam guru Indonesia...

      Hapus
  3. Biasanya anak sudah ada "name tag", mereka bisa menirunya. Dengan disuruh menulis guru bisa tahu siapa yang butuh bimbingan lebih untuk menulis atau membaca. Selain itu perkenalan jg dapat dilakukan dengan maju kedepan kelas atau dengan permainan untuk melatih keberanian dan kemampuan mengingat, dan itu dapat dilakukan sekaligus (ucap,dengar,ingat dan tuliskan)

    BalasHapus